Business Requirements Documents.

Mengenal Business Requirements Documents

Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui. 


Manfaat BRD

• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek. 

• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.

 • Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.

 • Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan. 


Ruang Lingkup BRD 

• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis? 

• Apa saja batasannya? 

• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?


 Penanggung Jawab BRD 

• Tim inti proyek.

 • Setiap atau semua mitra bisnis.

 • Pemilik proses atau perwakilannya.

 • Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia 


Elemen BRD

 • Deskripsi Proyek

• Lingkup Proyek

 • Kebutuhan Fungsional 

• Kebutuhan Non Fungsional

 • Biaya

 • Tim

 • Penjadwalan


Berikut contoh Kasus BRD pada Perpustakaan :

1          Deskripsi Proyek

Proyek Data Perpustakaan ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mendata mahasiswa di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas perpus untuk mengelola peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi      web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.


2          Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:

                    a.    Tampilan login & register

b.    Tampilan dashboard dan menu 

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a.    Fitur login & register

b.    Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data mahasiswa

c.  Fitur peminjaman & Pengembalian Buku

d.  Fitur Anggota

 

 

3          Kebutuhan Fungsional

3.1         Spesifikasi kebutuhan

Proyek Data Perpustakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau bagian petugas perpus dapat mengakses dan mengelola data perpustakaan secara penuh (full access) dan mahasiswa dapat mengakses. Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a.    Manajemen user login

-       Petugas perpus

-       Mahasiswa

b.    Manajemen peminjaman buku

c.    Manajemen data login


3.2         Use Case Diagram

 







Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Data Perpustakaan yang penjelasannya sebagai berikut: 

a.    Use case ini terdiri dari 2 actor yang berinteraksi dengan satu sistemn yaitu petugas perpus dan mahasiswa

b.    Petugas   perpus, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data perpus mulai dari login dan melakukan aksi verifikasi data user/mahasiswa & mengelola peminjaman buku, sedangkan Mahasiwa hanya untuk mengkases pengisian data mahasiswa ketika register dan melakukan peminjaman buku

c.    Register, untuk mahasiswa yang belum memiliki akun melakuan register terlebih dahulu untuk mendapatkan akun

d.    Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan

e.    Login, setelah mendapatkan akun, user harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem

f.     Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda

g.    Detil buku yang dipinjam minimal berisi data judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit


3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)

 



Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

1.   Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, jenis kelamin, alamat dan no telp.

2.    Mahasiwa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.

3.    Untuk entitas petugas memiliki atribut user name, password, dan id petugas.

4.   Saat meminjam harus mencantumkan tgl pinjaman, kode pinjam, tgl kembali.

5.   Buku juga terdapat data berupa judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit.

6.    Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya.

 

1          Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.    Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b.    Tampilan user friendly dan responsif

c.    Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d.    Mudah digunakan

e.    Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)

 

2          Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan BRD                        : Rp.    200.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web              : Rp.    300.000

·         Pembuatan Modul Login dan Siswa              : Rp.    500.000

      ·         Testing dan Deployment Aplikasi                   : Rp.    300.000                                                                                                                                                   Rp.1.300.000

 

3          Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·         Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·         Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout      web

·         Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis      web

·         Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian      terhadap aplikasi

·         Nama siswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi  ke server


4          Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline  sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.