Caffe Salatiga | Business Requitment Document | Mockup aplikasi | Desain database
1) BUSINESS REQUITMENT DOCUMENT
1 Deskripsi Proyek
Proyek Caffe Salatiga ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengimplementasikan aplikasi kasir dengan 2 kategori menu. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan admin, manager & operator dalam mengelola data pemasukan dan pengeluaran yang ada admin bisa akses semua menu, manager bisa akses laporan stok & penjualan, dan operator hanya bisa akses transaksi penjualan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
2
Lingkup
Proyek
Lingkup
proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.
Untuk desain layout terdiri dari:
a. Tampilan
login
Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari :
a.
Fitur Menu
b.
Fiur Laporan stock dan penjualan
c.
Fitur Transaksi Penjualan
3 Kebutuhan Fungsional
3.1 Spesifikasi kebutuhan
Proyek
Data Caffe Salatiga ini
menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer
desktop (laptop) maupun browserpada mobile (HP). Admin bisa mengakses ke semua menu, Manager bisa mengakses laporan stock
dan penjualan dan Operator hanya bisa akses transaksi penjualan.
Fitur
utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen
user login :
-
Admin
-
Manager
-
Operator
b.
Manajemen menu
c.
Manajemen laporan stock dan penjualan
d.
Manajemen transaksi penjualan
3.2
Use Case
Diagram
Gambar diatas merupakan Use
Case Diagram pada Sistem Caffe Salatiga yang penjelasannya sebagai
berikut:
- Use case ini terdiri dari 3 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem.
- Sebelum masuk ke tampilan admin, manager dan operator harus login terlebih dahulu.
- Admin bisa mengakses ke semua menu.
- Manager bisa mengakses laporan stock dan penjualan.
- Operator hanya bisa akses transaksi penjualan.
3.3
Entity Relationship Diagram (ERD)
a. Proses login admin, manager dan operator mempunyai username dan
password.
b.
Entisitas menu
mempunyai atribut makanan, minuman dan harga.
c.
Entisitas stock
dan penjualan mempunyai atribut laporan stock, laporan penjualan dan total
keseluruhan.
d.
Entisitas
transaksi penjualan mempunyai atribut penjualan, laporan dan tanggal penjualan.
4
Kebutuhan Non Fungsional
Untuk kebutuhan non fungsional ada
beberapa kriteria:
a.
Bisa digunakan pada berbagai macam PC.
b.
Tampilan user
friendly dan responsif.
c.
Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password.
d.
Mudah digunakan.
5
Biaya
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 200.000
Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 150.000
Pembuatan Modul Login : Rp. 450.000
Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 150.000
Total Rp. 950.000
6
Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim
dengan peranan sebagai berikut:
·
Orang ke-1 sebagai Project Manager
yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document.
·
Orang ke-2 sebagai Web Designer
yang bertugas membuat desain dan layout web.
·
Orang ke-3 sebagai Programmer yang
bertugas membuat aplikasi berbasis web.
· Orang ke-4 sebagai Tester yang bertugas melakukan
testing/pengujian terhadap aplikasi.
· Orang ke-5 sebagai Network
Administrator yang bertugas
deployment aplikasi ke server.
7 Penjadwalan
Proyek
Caffe Salatiga ini di perkirakan
membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut
Komponen |
Pekan 1 |
Pekan 2 |
Pekan 3 |
Pekan 4 |
Pembuatan BRD |
|
|
|
|
Desain &
Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing &
Deployment |
|
|
|
|
Tidak ada komentar: