Caffe Salatiga | Business Requitment Document | Mockup aplikasi | Desain database

 

1) BUSINESS REQUITMENT DOCUMENT 

1          Deskripsi Proyek

Proyek Caffe Salatiga ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengimplementasikan aplikasi kasir dengan 2 kategori menu. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan  admin, manager & operator dalam mengelola data pemasukan dan pengeluaran yang ada admin bisa akses semua menu, manager bisa akses laporan stok & penjualan, dan operator hanya bisa akses transaksi penjualan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.


2          Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.

 Untuk desain layout terdiri dari:

                     a.  Tampilan login

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari :

a.  Fitur Menu

b.  Fiur Laporan stock dan penjualan

c.   Fitur Transaksi Penjualan

  

3          Kebutuhan Fungsional

        3.1         Spesifikasi kebutuhan

Proyek Data Caffe Salatiga ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browserpada mobile (HP). Admin bisa mengakses ke semua menu, Manager bisa mengakses laporan stock dan penjualan dan Operator hanya bisa akses transaksi penjualan.

Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a.       Manajemen user login :

-          Admin

-          Manager

-          Operator

b.      Manajemen menu

c.       Manajemen laporan stock dan penjualan

d.      Manajemen transaksi penjualan


3.2         Use Case Diagram

 



 

Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Sistem Caffe Salatiga yang penjelasannya sebagai berikut:

  1.  Use case ini terdiri dari 3 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem.
  2. Sebelum masuk ke tampilan admin, manager dan operator harus login terlebih dahulu.
  3.  Admin bisa mengakses ke semua menu.
  4. Manager bisa mengakses laporan stock dan penjualan.
  5. Operator hanya bisa akses transaksi penjualan.

 

        3.3         Entity Relationship Diagram (ERD)

 




 Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

                    a.       Proses login admin, manager dan operator mempunyai username dan password.

b.      Entisitas menu mempunyai atribut makanan, minuman dan harga.

c.       Entisitas stock dan penjualan mempunyai atribut laporan stock, laporan penjualan dan total keseluruhan.

d.      Entisitas transaksi penjualan mempunyai atribut penjualan, laporan dan tanggal penjualan.

 

4          Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.    Bisa digunakan pada berbagai macam PC.

b.    Tampilan user friendly dan responsif.

c.     Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password.

d.    Mudah digunakan.

 

5          Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document          : Rp.    200.000

Pembuatan Desain dan Layout Web                                             : Rp.    150.000

 Pembuatan Modul Login                                                              : Rp.    450.000

Testing dan Deployment Aplikasi                                                 : Rp.     150.000 

Total                                                                                                                   Rp.      950.000                                                                                                            

6          Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·         Orang ke-1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document.

·         Orang ke-2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web.

·         Orang ke-3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web.

·    Orang ke-4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi.


·  Orang ke-5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server.


7          Penjadwalan

Proyek Caffe Salatiga ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 

2) MOCK UP 

1. Tampilan login


2. Tampilan Menu-menu

    -Dashboard
    -Makanan

    -Minuman

    -Stock

    -Penjualan

    -Transaksi Penjualan

Download MOCK UP : Disini


3) DATABASE

1. Pastikan sudah mengaktifkan XAMMP 

2. Masuk ke web localhost

3. Buat data baru dengan data_cafe


4. Selanjutnya, buat data :

- user




- makanan





- minuman



- bahan_baku



- penjualan



- transaksi_penjualan





Download SQL : Disini


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.